Monday, June 3, 2013

Sariawan Berkepanjangan? Awas Kanker Rongga Mulut!

Sariawan kelihatannya sepele, tapi harap diperhatikan, bila sariawan yang dideritanya itu berkepanjangan. Mengapa? Karena bisa menjadi gejala awal munculnya kanker rongga mulut. Begitu pula dengan gangguan pada mulut lainnya, taruhlah sebagai contoh infeksi gigi yang menyebabkan gigi goyang. Bila penyebab gigi goyang itu adalah kanker rongga mulut, pencabutan gigi akan membahayakan karena mempermudah penyebaran kanker ke organ vital lainnya.


 
Kanker rongga mulut memiliki gejala sariawan berkepanjangan selama lebih dari dua minggu, serta kelenjar getah bening di leher terasa sakit dan sedikit bengkak. Hal ini akan diiringi juga dengan adanya benjolan-benjolan yang cukup besar di wilayah rongga mulut.

Kanker rongga mulut tergolong berbahaya dan sulit disembuhkan. Hal ini disebabkan karena kebanyakan kasusnya baru terdeteksi dalam keadaan lanjut.

Kanker rongga mulut adalah kanker di rongga mulut dan faring. Faring adalah saluran yang terletak antara rongga hidung serta rongga mulut dan kerongkongan, termasuk kanker bibir, lidah, kelenjar liur, gusi, dasar mulut, dan bagian lain mukosa bukal.

Jika ditemukan dalam stadium lanjut, kanker rongga mulut biasanya tidak dapat diangkat lagi karena sudah menyebar jauh. Penyebaran mencakup kepala, kelenjar getah bening di leher, paru-paru, hingga lever.

Bagaimana? Cukup mengerikan bukan? Makanya mulai sekarang mari kita perhatikan kesehatan rongga mulut kita. Yang jelas, jangan meremehkan sariawan!  

0 comments:

Post a Comment