Saturday, March 9, 2013

Mengatasi sariawan ala kedokteran

Pengobatan untuk Bentuk umum dari Sariawan

Sariawan umumnya tidak berlangsung lebih dari dua minggu, bahkan walaupun tanpa pengobatan. Jika penyebabnya dapat diidentifikasi, dokter Anda mungkin dapat mengobatinya. Jika penyebabnya tidak dapat diidentifikasi, fokus bergeser ke pengobatan menghilangkan gejala.





Strategi berikut ini mungkin dapat membantu untuk meringankan rasa sakit dan peradangan sariawan:

-
Hindari minuman panas dan makanan asin, pedas, dan makanan berbasis citrus.
- Gunakan penghilang rasa sakit seperti Tylenol.
- Berkumur dengan air dingin atau mengisap es boleh dilakukan jika mulut terasa terbakar.


Untuk sariawan, tujuan pengobatan adalah untuk meringankan ketidaknyamanan dan menjaga terhadap infeksi. Coba yang berikut ini:

- Minum lebih banyak air.
- Bilas dengan air garam.
- Praktek perawatan gigi yang tepat.
- Terapkan anestesi topikal seperti lidokain atau Xylocaine ke ulkus (tidak disarankan untuk anak di bawah 6 tahun).
- Oleskan campuran 1 berbanding 1 dari hidrogen peroksida dengan air atau baking soda dengan air ke   benjolan sariawan.
- Gunakan persiapan kortikosteroid topikal seperti pasta gigi triamcinolone (kenalog di Orabase 0,1%),   yang melindungi luka dalam bibir dan pada gusi.
- Blistex dan Campho-Phenique mungkin menawarkan beberapa bantuan dari sariawan dan luka dingin,   terutama jika diterapkan ketika pertama sakit muncul.
 

Untuk luka yang lebih parah, pengobatan dapat mencakup:

- Lidex gel
- Aphthasol, sebuah pasta anti-inflamasi
- Peridex obat kumur

Jika Anda sering sariawan, Anda mungkin kekurangan folat atau vitamin B12. Bicarakan dengan dokter Anda tentang tes untuk kekurangan tersebut. 


Obat anti-inflamasi seperti kortikosteroid (prednison termasuk) adalah pengobatan yang paling efektif untuk sariawan, karena mereka akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Mereka juga efektif untuk luka dingin setelah sakit yang berlangsung selama tiga sampai empat hari karena pada saat itu virus telah menghilang dan hanya tinggal peradangan.

Tidak semua orang dapat mengambil beberapa jenis obat anti-inflamasi. Misalnya, jika prednison diberikan kepada orang-orang dengan diabetes, gula darah mereka akan naik. Bicarakan dengan dokter tentang kondisi kesehatan Anda sebelum memulai pengobatan baru. 


Tidak ada obat untuk luka dingin. Pengobatan hanya meliputi: - Membaluri lesi dengan salep pelindung seperti agen antivirus (misalnya, salep asiklovir 5%)
- Menerapkan es ke lesi

Minum L-lisin tablet juga dapat membantu, sebagai mediasi antivirus yang mungkin diresepkan dokter. Beberapa ahli percaya bahwa obat ini mempersingkat waktu lepuh yang muncul.


Tidak semua luka tidak berbahaya. Jadwalkan janji dengan dokter Anda jika luka mulut Anda belum sembuh dalam waktu dua minggu!

0 comments:

Post a Comment