Monday, March 4, 2013

Sariawan Pada Bayi? Ini solusinya!

Sariawan sangat tidak enak dan menyebabkan rasa kurang nyaman. Lalu bila terjadi pada bayi, apa yang harus kita lakukan? Berikut ini penjelasannya.

Banyak referensi yang menyatakan bahwa penyebab sariawan pada bayi adalah sejenis jamur yang bernama Candida Albicans yang mudah tumbuh didaerah lembab dan hangat, yang paling sering adalah di puting payudara ibu. Beberapa cara dapat dilakukan terkait dengan bayi dan sariawan
mengatasi bayi sariawan

1. Berikan obat yang dapat menghambat pertumbuhan jamur. Bahan yang biasanya dipakai dalam pengobatan ini adalah nystatin atau clotrimazole. Kedua bahan ini berfungsi sebagai antijamur. Dalam sumber lain juga disebut pengobatan dengan obat tradisional, yaitu minyak kelapa dan bawang putih. Caranya dengan mengoleskan bahan tadi ke puting payudara ibu.

2. Usahakan sang ibu tidak memakai pakaian yang terlalu ketat sehingga menghambat sirkulasi udara disekitar payudara. Karena sirkulasi udara yang terhambat dapat mengakibatkan munculnya bakteri-bakteri atau jamur yang menjadi penyebab sariawan pada bayi.

3.Ibu harus sering berada di tempat yang kering dan berudara segar. Bila mungkin, ada baiknya seluruh barang-barang yang berkaitan dengan bayi, misalnya botol susu dan mainan dibersihkan agar steril dari jamur.

0 comments:

Post a Comment