Tuesday, March 12, 2013

Serba-serbi sariawan

Meskipun kecil dalam ukuran, sariawan menyebabkan rasa sakit luar biasa. Terlebih lagi, penyebab sariawan tetap tidak diketahui. Para ahli menyebutnya aphthous stomatitis, bisul kecil di mulut Anda yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan ketika berbicara atau makan.



Sariawan datang dalam dua varietas: sederhana dan kompleks. Sariawan sederhana muncul beberapa kali dalam setahun dan berlangsung sekitar satu minggu, dan paling sering terjadi pada orang antara 10 sampai 20 tahun. Sariawan kompleks kurang umum, namun orang-orang yang menderita sariawan lebih mungkin untuk terkena [sumber: WebMD].


Walaupun dokter belum dapat menentukan penyebab pasti dari sariawan, beberapa faktor telah dikaitkan dengan terjadinya sariawan. Stres, cedera, dan asupan makanan yang bersifat asam atau jeruk dapat menimbulkan sariawan atau memperburuk. Selain itu, benda-benda tajam seperti kawat gigi dapat menyebabkan sariawan. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang lemah, penyakit gastrointestinal atau masalah gizi juga bisa memicu sariawan kompleks.


Meskipun sariawan dan luka dingin mungkin tampak mirip, mereka sama sekali berbeda dalam masalah kesehatan mulut. Luka Dingin disebabkan oleh herpes simpleks tipe 1 virus dan menular sedangkan sariawan tidak. Juga, luka dingin dapat muncul di luar mulut di tempat-tempat seperti di bawah hidung, di bibir atau di bawah dagu sedangkan sariawan selalu muncul di dalam mulut.


Bagaimana Anda tahu jika Anda punya sakit sariawan? Jika Anda mengalami perasaan, menyakitkan terbakar atau kesemutan di mulut Anda dan ada luka bulat yang berwarna putih atau abu-abu dalam warna kemerahan di pinggirnya, Anda mungkin memiliki sariawan. Gejala lebih buruk sariawan yang parah termasuk demam, lesu, dan pembengkakan kelenjar getah bening.


Kabar baik tentang sariawan adalah bahwa biasanya sembuh dengan sendirinya, ketimbang mencari perawatan medis, biasanya aman untuk diabaikan. Nyeri dari sriawan umumnya berlangsung tujuh sampai 10 hari, dan sakit biasanya akan hilang sepenuhnya dalam satu sampai tiga minggu [sumber: Medline].


Dokter umumnya menyarankan
salep over-the-counter  yang biasanya meringankan rasa sakit gigi untuk meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sariawan. Obat-obatan yang mencakup gliserin dan peroksida adalah yang terbaik karena akan melindungi sakit dan membantu melawan bakteri. Anda bahkan dapat membuat obat sariawan dengan campuran satu bagian hidrogen peroksida  dengan satu bagian air ke daerah yang terkena, diikuti oleh setetes susu magnesium. (Lakukan ini tiga sampai empat kali sehari). Selain itu, membilas mulut Anda dengan obat kumur akan membantu menjaga ulkus tetap bersih.

Meskipun tidak ada obat untuk sariawan, Anda dapat mengurangi frekuensinya dengan menghindari makanan pedas atau asam yang memiliki kecenderungan untuk mengiritasi mulut Anda dan jauhkan diri dari permen karet. Menyikat gigi setelah makan dan flossing setiap hari juga akan membantu untuk menjaga mulut Anda bersih dan jauh dari sariawan..

0 comments:

Post a Comment